Jumat, 09 Januari 2009

cool.news . !


Variabel yang paling menentukan bagi kesuksesan sebuah produk adalah kepuasan dan loyalitas pelanggan. Untuk membuat konsumen puas, tidaklah mudah. Apalagi membuat konsumen menjadi loyal. Butuh sebuah strategi marketing yang benar-benar mumpuni. Strategi yang mampu membuat konsumen setia pada produk, atau bahkan dengan rela menyarankannya kepada konsumen lainnya.

Salah satu produk yang berhasil membuat konsumennya puas dan loyal adalah Pepsodent. Riset MARS menunjukan bahwa selama tahun 2007, merek pasta gigi yang paling sering digunakan konsumen adalah Pepsodent. Tak tangung-tangung, dari seluruh responden di Jakarta, sebanyak 81,8% memilih Pepsodent dibandingkan produk lainnya
.
Apa yang dilakukan Pepsodent sehingga menjadi sangat dominan untuk pasar pasta gigi? Ternyata, hasil riset kami memperlihatkan alasan konsumen memilih dan loyal terhadap pepsodent adalah benefit-nya dalam memutihkan gigi.
Dalam hal ini, Pepsodent dengan cerdas mendefinsikan keinginan konsumen terhadap pasta gigi dengan mengeluarkan produk yang khusus untuk memutihkan gigi. Karena, konsumen tidak lagi sekadar ingin pasta gigi yang membersihkan dan menyegarkan, namun ingin lebih. Yaitu, pasta gigi yang juga dapat memutihkan gigi.
Kemampuan mendefinisikan keinginan konsumen tidak serta merta datang begitu saja. Pepsodent, secara aktif mencari kebutuhan konsumen. Bekerjasama dengan perusahaan riset, Pepsodent turun langsung berinteraksi dan mencari tahu ke konsumen melalui focus group discussion.


Selain itu, aktivitas promosi Pepsodent juga dilakukan dengan melibatkan konsumen, dalam hal ini masyarakat. Misalnya dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan mengadakan perawatan gigi gratis. Nah, dengan membuminya strategi komunikasi Pepsodent ke masyarakat, maka sangat wajar bila Pepsodent menjadi pemimpin untuk kategori pasta gigi di Indonesia.

Sekarang, bagaimana strategi merek pasta gigi lainnya agar dapat menyalip Pepsodent dan menjadi pemimpin pasar..
ayoo sikadd gege smuwaa . !

0 komentar: